Nama Kampung di Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta

by | Jan 12, 2024 | Daerah | 0 comments

Secara administratif Kecamatan Pasar Kliwon di Kota Surakarta terdiri dari 10 kelurahan yakni: Baluwarti, Gajahan, Joyosuran, Kampung Baru, Kauman, Kedung Lumbu, Mojo, Pasar Kliwon, Sangkrah, dan Semanggi. Setiap kelurahan-kelurahan ini terdiri dari kampung-kampung yang memiliki nama tersendiri. Printilan.com akan mengulas semuanya untuk anda semua.

Baluwarti

Kelurahan Baluwarti, terdiri dari Kampung Carangan, Gambuhan, Gondorasan, Hordenasan, Langensari, Lumbung Wetan, Mloyokusuman, Suranatan, Tamtaman, dan Wirengan.

Gajahan

Kelurahan Gajahan, terdiri dari Kampung Dirjodipuran, Gading, Gajahan, Jayaningratan, Patangpuluhan, dan Reksoniten.

Joyosuran

Kelurahan Joyosuran, terdiri dari Kampung Gabudan, Harjodipuran, Iroranan, Kusumodilagan, Menangan, Tempen, dan Tempen Baturono.

Kampung Baru

Kelurahan Kampung Baru, terdiri dari Kampung Kampung Baru, Kebalen Tengah, Kusumoyudan, dan Purbayan.

Baca juga: Fakta-Fakta Mengenai Kota Surakarta, Solo Spirit of Java

Kauman

Kelurahan Kauman, terdiri dari Kampung Kauman dan Sememen.

Kedung Lumbu

Kelurahan Kedung Lumbu, terdiri dari Kampung Palugunan, Yosodipuran, Prawiropuran, Nogobandan, Kranggan, Jiwoleksanan, Tegalkonas, Kedunglumbu, dan Lojiwetan.

Mojo

Kelurahan Mojo, terdiri dari Kampung Kenteng, Kenteng Baru, Semanggi Kidul, dan Silir.

Pasar Kliwon

Kelurahan Pasar Kliwon, terdiri dari Kampung Berjinggan, Gurawan, Joyosudiran, Kanoman, Kaliwedas, Mertodranan, dan Wiropaten

Sangkrah

Kelurahan Sangkrah, terdiri dari Kampung Demangan, Sangkrah, Dadapsari, Sampangan, Dadapan, Sawahan, Ngepung, dan Mbelingan.

Semanggi

Kelurahan Semanggi, terdiri dari Kampung Dalangan, Dewutan, Dukuh, Losari, Mipitan, Sampangan, Sanggungan, dan Semanggi.

Baca juga:

Kota Solo, atau Surakarta, memiliki pembagian administratif yang menarik dan efisien, menciptakan tata kelola yang terorganisir dengan baik. Terdiri dari lima kecamatan utama, yaitu Banjarsari, Jebres, Laweyan, Pasar Kliwon, dan Serengan, setiap kecamatan memiliki karakteristik uniknya sendiri.

Banjarsari menawarkan sentra perbelanjaan modern dan pusat bisnis yang berkembang pesat. Jebres dikenal dengan sejumlah institusi pendidikan terkemuka dan nuansa perkotaan yang dinamis.

Laweyan, dengan pesona klasiknya, dikenal sebagai kawasan batik yang melestarikan tradisi warisan budaya.

Baca juga:

Pasar Kliwon, pusat sejarah, memiliki berbagai landmark bersejarah dan arsitektur yang menarik. Serengan, dengan suasana yang ramah, menciptakan lingkungan hunian yang nyaman.

Setiap kecamatan mencerminkan keberagaman dan kekayaan Kota Solo, memberikan pengunjung dan penduduk pengalaman berbeda-beda. Dengan pembagian administratif yang terstruktur, menjelajahi keunikan masing-masing kecamatan menjadi pengalaman yang memperkaya.

Baca juga: Fakta Jawa Tengah, Provinsi Gayeng Pusat Budaya Jawa

Terima kasih telah membaca artikel Nama Kampung di Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta. Anda bisa memperoleh informasi mengenai pembagian wilayah di Kabupaten/Kota di Indonesia di Printilan.com

Printilan.com adalah situs web berisi informasi mengenai topik-topik seperti daerah, politik, negara, sejarah, transportasi, dan hiburan. Kami juga menampilkan arsip-arsip berita di masa lalu agar jadi jembatan wawasan bagi masa sekarang.