KAI Merilis Kereta Ekonomi New Generation, Cek Di Kereta Mana Saja!

by | Mar 27, 2024 | Kereta Api, Pengetahuan Umum, Transportasi

PT Kereta Api Indonesia (KAI) selalu operator perjalanan kereta di Indonesia merilis jenis kereta baru yaitu kereta ekonomi “New Generation”. Perilisan ini dilakukan secara resmi oleh PT KAI di Stasiun Pasarsenen, Jakarta pada 26 September 2023 berdekatan dengan peringatan HUT PT KAI ke 78 yang jatuh pada dua hari berikutnya.

Sebelumnya layanan kereta api ekonomi AC split (ekonomi kursi tegak), sering dikeluhkan masyarakat dan pengguna kereta api karena bentuk kursi yang kurang nyaman. Layanan New Generation ini diadakan dengan meningkatkan kenyamanan kursi penumpang, dan beberapa fitur lainnya.

Ulasan lengkapnya sudah tersedia di Printilan.com, dan kamu bisa baca selengkapnya sampai bawah.

Kereta Ekonomi New Generation Ada di Kereta Mana Aja?

Hingga saat ini rangkaian kereta new generation ini terdapat di KA Jayabaya (Pasarsenen-Malang), KA Majapahit (Pasarsenen-Malang), dan KA Gaya Baru Malam Selatan (Pasarsenen-Surabaya Gubeng).

Interior

Interior KA New Generation benar-benar di-make over menjadi lebih modern dari KA Ekonomi AC split. Saat masuk ke kereta, bagi anda yang memiliki tinggi badan di atas rata-rata mungkin agak menunduk. Namun ketika masuk ke kabin penumpang, maka langit-langit sudah sangat tinggi.

Tampilan interior KA New Generation dengan TV dan layar PIDS di rangkaian KA Majapahit (Sumber : Mas Dewa @Hino Balap)
Layar PIDS dan TV kereta (Sumber : Mas Dewa @Hino Balap)

Hal baru yang bisa anda temui adalah layar public information display system (PIDS) yang diletakkan di atas, yang berisikan mengenai kecepatan kereta, estimasi kedatangan ke stasiun berikutnya, dan posisi kereta. Sedangkan info mengenai kondektur dan on-train CS yang bisa dihubungi terletak di layar TV di dinding kereta. Selain itu nomor kursi sudah menggunakan LED untuk memudahkan penumpang melihat nomor kursi di cahaya gelap.

Nomor kursi dengan LED (Sumber : Mas Dewa @Hino Balap)

Jendela di kabin penumpang sudah menggunakan blind/tirai gulung, tidak seperti gorden kain di layanan AC Split.

Kursi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Upgrade menjadi new generation ini fokusnya adalah di bentuk kursi. KA New Generation sudah memakai captain seat dengan hand rest (tempat meletakkan tangan) yang posisinya sudah sedikit merebah dan bahan kursi yang lebih empuk.

Kursi ini pada dasarnya semuanya menghadap ke depan, namun bisa diputar. Namun ketika dua baris kursi dihadapkan leg room jadi lebih sempit. Bahkan ketika duduk berhadapan, lutut penumpang bisa bersentuhan dengan lutut penumpang lain.

Kursi KA New Generation sudah dilengkapi dengan port charger type A dan type C, serta audio jack 3,5 mm yang diletakkan di antara dua kursi. Colokan di dinding kereta juga sudah diubah menggunakan outlet universal. Bedanya, kini gantungan di bawah colokan yang biasanya digunakan untuk menggantung kantung plastik sampah kini dihilangkan.

Toilet

Toilet kereta New Generation memiliki interior yang lebih bersih dan rapi. WC yang digunakan adalah jenis duduk, yang dilengkapi dengan flush dan bidet. Terdapat juga wastafel dan foot washer yang bisa digunakan untuk berwudhu bagi umat Muslim, atau sekadar mencuci kaki. Selain itu toilet dilengkapi dengan cermin, kapstok untuk meletakkan pakaian, dan railing untuk berpegangan.

Kereta Makan

Tampilan kereta makan (M1) (Sumber: Mas Dewa @HinoBalap)

Kereta M1 atau kereta makan yang digunakan pada rangkaian new generation ini memiliki interior yang lebih mewah dan pasti akan membuat kamu betah berlama-lama. Lampu yang digunakan adalah lampu berwarna kuning, sehingga saat berada di kereta makan kamu akan mendapati suasana dengan tone warna warm.

Di samping kereta makan juga terdapat ruang yang digunakan untuk operator pengumuman dan layar PIDS.

Berikut artikel mengenai Kereta Ekonomi New Generation yang dijelaskan di Printilan.com. Semoga anda semua yang memilih kereta api, dapat memiliki bahan pertimbangan agar anda dapat melakukan perjalanan dengan nyaman dan aman.

Sumber : Twit ulasan dari Mas Dewa @HinoBalap

Printilan.com adalah situs web berisi informasi mengenai pengetahuan umum yang mungkin kamu belum tahu mengenai topik-topik seperti Pengetahuan Umum, Desa, Transportasi, Infrastruktur, Sejarah, dan Daerah. Kami juga menampilkan arsip berita-berita lama Indonesia, agar jadi jembatan wawasan bagi masa sekarang.