Nama Kampung di Kecamatan Laweyan Kota Surakarta

by | Jan 12, 2024 | Desa, Nama Dusun Dukuh Kampung, Pemerintah Desa | 0 comments

Secara administratif Kecamatan Laweyan di Kota Surakarta terdiri dari 11 kelurahan yakni: Bumi, Jajar, Karangasem, Kerten, Laweyan, Pajang, Panularan, Penumping, Purwosari, Sondakan, dan Sriwedari. Setiap kelurahan-kelurahan ini terdiri dari kampung-kampung yang memiliki nama tersendiri. Printilan.com akan mengulas semuanya untuk anda semua.

Kelurahan Bumi, terdiri dari Kampung Baron Cilik, Batikan, Jagalan, Kabangan, Potrokelasan, Tegalayu, dan Tegalsari.

Kelurahan Jajar, terdiri dari Kampung Ngaseman, dan Jajar.

Kelurahan Karangasem, terdiri dari Kampung Bulak Indah, Gulon, Karangasem, Kleco, Soropadan, Troketon, Klangsuran, Garjo, dan Harjo Tohrogo

Kelurahan Kerten, terdiri dari Kampung Dukuhan Kerten, Kerten, Ngemplak, Sidomulyo, dan Rajapaku

Kelurahan Laweyan, terdiri dari Kampung Sayangan Wetan, Sayangan Kilen, Kwanggan, Kramat, dan Klaseman.

Kelurahan Pajang, terdiri dari Kampung Bendosari, Bothokan, Blag-Bligan, Bratan, Griyan, Jongke, Kadipaten, Kagokan, Karangturi, Kidul Pasar, Ledokasri, Lor Pasar, Ngendroprasto, Norowangsan, Nyaen, Pajangan, Sidodadi, Setono, Sodipan, Sogaten, Suronalan, Tegal Kembang, Tegal Keputren, Totosari, dan Tunggulsari.

Kelurahan Panularan, terdiri dari Kampung Baron Barakan, Baron Gede, Baron, Kunden, Begalon, Cakraningratan, Karagan, dan Panularan.

Kelurahan Penumping, terdiri dari Kampung Penumping, dan Kalitan.

Kelurahan Purwosari, terdiri dari Kampung Badran, Brengosan, Kitiran, Mangkuyudan, Purwosari Kulon, Purwosari Wetan, Tegalmulyo, Todipan, dan Yosoroto.

Kelurahan Sondakan, terdiri dari Kampung Jantirejo, Mutihan, Premulung, Sondakan, dan Tegalrejo

Kelurahan Sriwedari, terdiri dari Kampung Kebonan, Purwonegaran, Teposanan, dan Priyobadan atau Ngapeman.

Baca juga:

Kota Solo, atau Surakarta, memiliki pembagian administratif yang menarik dan efisien, menciptakan tata kelola yang terorganisir dengan baik. Terdiri dari lima kecamatan utama, yaitu Banjarsari, Jebres, Laweyan, Pasar Kliwon, dan Serengan, setiap kecamatan memiliki karakteristik uniknya sendiri.

Banjarsari menawarkan sentra perbelanjaan modern dan pusat bisnis yang berkembang pesat. Jebres dikenal dengan sejumlah institusi pendidikan terkemuka dan nuansa perkotaan yang dinamis.

Laweyan, dengan pesona klasiknya, dikenal sebagai kawasan batik yang melestarikan tradisi warisan budaya.

Baca juga:

Pasar Kliwon, pusat sejarah, memiliki berbagai landmark bersejarah dan arsitektur yang menarik. Serengan, dengan suasana yang ramah, menciptakan lingkungan hunian yang nyaman.

Setiap kecamatan mencerminkan keberagaman dan kekayaan Kota Solo, memberikan pengunjung dan penduduk pengalaman berbeda-beda. Dengan pembagian administratif yang terstruktur, menjelajahi keunikan masing-masing kecamatan menjadi pengalaman yang memperkaya.

Terima kasih telah membaca artikel Nama Kampung di Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Anda bisa memperoleh informasi mengenai pembagian wilayah di Kabupaten/Kota di Indonesia di Printilan.com

Printilan.com adalah situs web berisi informasi mengenai pengetahuan umum yang mungkin kamu belum tahu mengenai topik-topik seperti Pengetahuan Umum, Desa, Transportasi, Infrastruktur, Sejarah, dan Daerah. Kami juga menampilkan arsip berita-berita lama Indonesia, agar jadi jembatan wawasan bagi masa sekarang.