Nama Dusun di Kecamatan Eromoko Kabupaten Wonogiri

by | Feb 16, 2024 | Desa, Nama Dusun Dukuh Kampung, Pemerintah Desa

Artikel ini membahas Nama Dusun di Kecamatan Eromoko di Kabupaten Wonogiri. Dusun sendiri merupakan wilayah yang berada di bawah desa, yang biasanya ditemukan di Pulau Jawa utamanya Jawa Tengah, DIY, dan sebagian Jawa Timur. Biasanya dukuh dikepalai oleh seorang kamituwa atau bayan, yang biasanya bisa jadi menjadi perangkat desa.

Baca juga: Apa Yang Dimaksud Desa, Dusun, Dukuh, Lingkungan dan Kampung?

Secara administrasi Kecamatan Eromoko adalah salah satu dari 25 kecamatan yang ada di wilayah Wonogiri. Wilayah nya terdiri 13 desa, yaitu: Basuhan, Baleharjo, Eromoko, Minggarharjo, Ngandong, Ngunggahan, Panekan, Pasekan, Pucung, Sindukarto, Sumberharjo, Tegalharjo, dan Tempurharjo. Dan 2 kelurahan, yaitu: Ngadirejo dan Puloharjo. Setiap wilayah ini terdiri dari dusun-dusun yang memiliki nama tersendiri. Printilan.com akan mengulas semuanya untuk anda semua.

Baca juga : Nama Kampung dan Dusun di Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri

Ngadirejo

Kelurahan Ngadirejo, terdiri dari Lingkungan Buntalan Wetan, Buntalan Kulon, Ngadirejo, Mojosari, Ngilir, Nglengkong, Ngrandu, Pandan, Plumbon, Pojok, Siyono, Tukul, Jamban, dan Mantenan.

Puloharjo

Kelurahan Puloharjo, terdiri dari Lingkungan Bakalan, Plumbon Kidul, Pulo, Sumber, Tileng, Watulembu, Watulembu Kulon, dan Watulembu Wetan.

Baca juga:

Basuhan

Desa Basuhan, terdiri dari Dusun Basuhan, Danggolo, Dayakan, Kendalrejo, Ngelo, Nongo, Pagersari, Ringin, Salam, Tanjung, dan Wonosumo.

Baleharjo

Desa Baleharjo, terdiri dari Dusun Bangle, Bulu, Jatirejo, Kutukan, Malangan, Pangkah, Prambon, Bale, dan Prambe.

Eromoko

Desa Eromoko, terdiri dari Dusun Blimbing, Eromoko, Eromoko Kulon, Eromoko Wetan, Kedungdadap, Parangjoho, dan Sengon.

Baca juga:

Minggarharjo

Desa Minggarharjo, terdiri dari Dusun Baleroto, Bawuh, Bero, Minggar, Sambong, Serut, Suru Kulon, dan Suru Wetan.

Ngandong

Desa Ngandong, terdiri dari Dusun Jebeg, Mlaran, Ngandong, Petung, Petung Kulon, Sidorejo, Tawang, dan Waru.

Ngunggahan

Desa Ngunggahan, terdiri dari Dusun Demangan, Dungpring, Ngrawan, Ngunggahan, Secang Lor, Secang Kidul, dan Talang.

Panekan

Desa Panekan, terdiri dari Dusun Klampeyan, Ngloko, Nglorog, Panekan, Tanjung, dan Tepiharjo.

Baca juga:

Pasekan

Desa Pasekan, terdiri dari Dusun Banyon, Bulu, Beji, Duwet, Jati, Jatiharjo, Jembul, Kajar, Pasekan, Sumberwatu, dan Tanjungsari.

Pucung

Desa Pucung, terdiri dari Dusun Berengkut, Bongos, Dunggudel, Gundi, Jalakan, Kangkung, Mijil, Pucung Kidul, Pucung Lor, Pule, Soka, Tejosari, Tetes, Tukul, dan Turi.

Sindukarto

Desa Sindukarto, terdiri dari Dusun Songputri Wetan, Songputri Kulon, Cemangkah Kidul, Cemangkah Lor, Gabug, Mandeyan, Sindukarto, Pokoh, dan Jurang Kuwung.

Sumberharjo

Desa Sumberharjo, terdiri dari Dusun Dampit, Ngepoh, Dayu, Jambe, Sumber, Balekerto, Tlingsing, Blutak, dan Ngendeng.

Baca juga:

Tegalharjo

Desa Tegalharjo, terdiri dari Dusun Bolakrejo, Gabelan Kidul, Gabelan Lor, Ngarakan, Nglempung, dan Tegalrejo.

Tempurharjo

Desa Tempurharjo, terdiri dari Dusun Bokuning Kidul, Bokuning Lor, Dunggupit, Guyangan, Kragilan, Krakal, Ngargosari, Tempuran Kidul, Tempuran Lor, dan Tukluk.

Terima kasih telah membaca artikel Nama Dusun di Kecamatan Eromoko Kabupaten Wonogiri. Anda bisa memperoleh informasi mengenai pembagian wilayah di Kabupaten/Kota di Indonesia di Printilan.com

Printilan.com adalah situs web berisi informasi mengenai pengetahuan umum yang mungkin kamu belum tahu mengenai topik-topik seperti Pengetahuan Umum, Desa, Transportasi, Infrastruktur, Sejarah, dan Daerah. Kami juga menampilkan arsip berita-berita lama Indonesia, agar jadi jembatan wawasan bagi masa sekarang.