Nama Dukuh di Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali

by | Jan 25, 2024 | Daerah

Artikel ini membahas Nama Dukuh atau Padukuhan di Kecamatan Ngemplak di Kabupaten Boyolali. Dukuh sendiri merupakan wilayah yang berada di bawah desa, yang biasanya ditemukan di Pulau Jawa utamanya Jawa Tengah, DIY, dan sebagian Jawa Timur. Biasanya dukuh dikepalai oleh seorang kamituwa atau bayan, yang biasanya bisa jadi menjadi perangkat desa.

Baca juga: Apa Yang Dimaksud Desa, Dusun, Dukuh, Lingkungan dan Kampung?

Secara administrasi Kecamatan Ngemplak adalah salah satu dari 22 kecamatan yang ada di wilayah Boyolali. Di sini pula terletak Bandara Internasional Adi Sumarmo. Wilayah nya terdiri 12 desa, yaitu: Dibal, Donohudan, Gagaksipat, Giriroto, Kismoyoso, Manggung, Ngargorejo, Ngesrep, Pandeyan, Sawahan, Sindon, dan Sobokerto. Setiap wilayah ini terdiri dari dukuh-dukuh yang memiliki nama tersendiri. Printilan.com akan mengulas semuanya untuk anda semua.

Baca juga : Nama Kampung dan Dukuh di Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali

Dibal

Desa Dibal, terdiri dari Dukuh Gaten, Wangkis Kidul, Wangkis Lor, Wangkis Kalangan, Ngepreh, Lemahbang, Dibal Tengah, Dibal Lor, Dibal Kidul, Beran, Belik, dan Ngasinan.

Donohudan

Desa Donohudan, terdiri dari Dukuh Mranggen, Gagan, Bendungan, Dukuhrejo, Potrowanen, Donohudan, Sanggrahan, Nggorongan, Brogo Kulon, Brogo Tengah, Brogo Wetan, Ngebrak, Ngemplak, Jithengan, Tegal Ayu, Tegalan, Jebol, dan Menjing.

Baca juga:

Gagaksipat

Desa Gagaksipat, terdiri dari Dukuh Banaran, Banarjo, Gagaksipat, Gatak, Gejigan, Jembangan, Jetis, Kanoman, Kelipan, Krangkungan, dan Ngemplak.

Giriroto

Desa Giriroto, terdiri dari Dukuh Borongan, Celengan, Giriroto, Gumuk, Gumukrejo, Gunung Wijil, Klelesan, Samporan, Tegalrejo, dan Gunungan.

Kismoyoso

Desa Kismoyoso, terdiri dari Dukuh Banjarjo, Beran, Gambirsari, Grasak, Jampen, Karangpung, Kedungdowo, Kedungmasan, Krajan, Krikilan, Ngampo, Ngingas, Padasan, dan Tambas.

Manggung

Desa Manggung, terdiri dari Dukuh Betongan, Genengan, Jeponan, Jeponan Kidul, Jeponan Lor, Karangsono, Manggung, Sanggrahan, dan Trinilan.

Baca juga:

Ngargorejo

Desa Ngargorejo, terdiri dari Dukuh Cepit, Gunungpuran, Gunungsinogo, Kalijeruk, Ngargorejo, Ngemplak, Sidorejo, dan Tempur Kulon.

Ngesrep

Desa Ngesrep, terdiri dari Dukuh Panasan Baru, Ngesrep, Mangurejo, Madoh, Ngasem, Tanjungsari, Tegalrejo, Tegalpucung, Kebonagung, Kaliwungu, Padas Gempal, Buntungan, Krikilan, Suro, dan Gatak.

Baca juga: Fakta-Fakta Kabupaten Boyolali, Kota Susu yang Dijuluki New Zealand of Java

Pandeyan

Desa Pandeyan, terdiri dari Dukuh Kurukan, Menjing, Menjing Wetan, Brogo Wetan, Garen, Bladon, Pandeyan, Jaten, Welar, dan Kurukan.

Sawahan

Desa Sawahan, terdiri dari Dukuh Sawahan, Jetis (Sawahan Lor), Gandu, Sawahan Kidul, Menggungan, Padokan Kulon, Padokan Wetan, Karangmojo, Mojorejo, Mojoasri, Ledok, Kedung Gupit, Kedung Palung, Meletan, Klajiran, Dukuhrejo, Sadon, Sadon Dukuhan, Sadon Kulon, dan Sadon Tegalan.

Sindon

Desa Sindon, terdiri dari Dukuh Brajan, Jantir, Manukan, Ngrembun, Sambiroto, Sawit, Sindon, dan Tegalrejo.

Sobokerto

Desa Sobokerto, terdiri dari Dukuh Cengklik, Gelaran, Gentan, Gunungsari, Jatisari, Kedunggobyak, Ngancan, Sarirejo, Sobokerto, Tawangrejo, Tawangsari, Tempel, Timorejo, Turibang, Turunan, dan Wates.

Baca juga:

Terima kasih telah membaca artikel Nama Dukuh di Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali. Anda bisa memperoleh informasi mengenai pembagian wilayah di Kabupaten/Kota di Indonesia di Printilan.com

Printilan.com adalah situs web berisi informasi mengenai topik-topik seperti daerah, politik, negara, sejarah, transportasi, dan hiburan. Kami juga menampilkan arsip-arsip berita di masa lalu agar jadi jembatan wawasan bagi masa sekarang.