Tour de Banyuwangi Ijen Siap Digelar Lagi Tahun 2024 Ini

by | Jul 5, 2024 | Olahraga

Sebanyak 20 tim dari berbagai negara, termasuk Indonesia, akan bertanding dalam balap sepeda Internasional Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2024. Event ini dijadwalkan berlangsung pada 22-25 Juli. Para peserta akan menempuh rute menantang sejauh 632 kilometer (km) yang melintasi keindahan alam Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, menyatakan bahwa tahun ini Tour de Ijen kembali masuk dalam agenda resmi balap sepeda UCI (Union Cycliste Internationale). “Kami berkomitmen untuk terus memajukan sport tourism sebagai upaya untuk menarik wisatawan. Dan memperkenalkan Banyuwangi sebagai salah satu destinasi bersepeda terbaik di Indonesia. Ini juga sebagai cara untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat lokal,” ujarnya pada Kamis, 20 Juni 2024.

Tingginya Antusiasme Tim dalam ITdBI 2024

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi, M Alfin Kurniawan, mengungkapkan bahwa minat tim balap sepeda untuk berpartisipasi dalam ITdBI 2024 sangat tinggi. “Sebanyak 42 tim mengajukan keinginan untuk ikut serta, namun kami seleksi hanya 20 tim yang memenuhi syarat,” kata Alfin.

Dari 20 tim yang akan berpartisipasi, 14 tim berasal dari delapan negara berbeda, sementara 6 tim lainnya berasal dari Indonesia. Tim internasional yang akan berlaga antara lain: Trengganu Cycling Team dari Malaysia, Rojaai Insurance dari Thailand, St George Continental Team dari Australia, dan CCACHEx PAR dari Australia. Selain itu, ada juga 7Eleven Philippines Continental Cycling Team dari Filipina, Kinan Racing Team dari Jepang, LX Cycling Team dari Korea Selatan, Victoria Sports Cycling Team dari Filipina, dan Universe Cycling Team dari Belanda. Tim lain yang ikut serta adalah VC Fukuoka dari Jepang, Malaysia Pro Cycling Team dari Malaysia, Aisan Racing Team dari Jepang, Grant Thornton Cycling Team dari Thailand, dan Ferei Panda Mongolia Team dari Mongolia.

Partisipasi Tim Nasional dalam ITdBI 2024

Enam tim nasional juga akan turut serta dalam kompetisi ini, yaitu: KGB, Nusantara, BRCC, BRCC, Indonesia National Team, dan Pontianak Wijaya Racing Team (PWR). Setiap tim akan terdiri dari lima pembalap, sehingga total 100 pembalap akan berlaga dalam Tour de Ijen tahun ini.

Jalur dan Etape Tour de Banyuwangi Ijen 2024

Alfin menjelaskan bahwa ITdBI 2024 akan melintasi jalur sepanjang 632 kilometer yang terbagi menjadi empat etape. “Etape pertama akan melalui rute Tegalsari menuju Kantor Pemkab Banyuwangi. Lalu, Etape kedua dimulai dari Alas Purwo ke Kantor Pemkab Banyuwangi. Etape ketiga mengambil rute dari Dusun Kakao ke Kantor Pemkab Banyuwangi. Dan etape terakhir akan dimulai dari Pantai Boom menuju Paltuding, Ijen,” terangnya.

Baca juga: Fakta PON Pertama di Solo Tahun 1948

Setiap etape memiliki panjang yang hampir sama, yaitu sekitar 175 km. Memberikan tantangan yang seimbang namun tetap menantang bagi para peserta. Rute tahun ini berbeda dengan edisi sebelumnya, yang menambah daya tarik dan tantangan baru bagi para pembalap.

Dengan kehadiran tim-tim internasional dan nasional yang kuat serta rute yang menantang. Tour de Banyuwangi Ijen 2024 tidak hanya akan menjadi ajang kompetisi balap sepeda yang prestisius. Tetapi juga kesempatan untuk mempromosikan keindahan dan potensi Banyuwangi sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Untuk teman-teman semua yang ingin mengetahui lebih lanjut, silakan membuka situs web resmi International Tour de Banyuwangi Ijen 2024 di tourdeijen.com

Terima kasih telah membaca artikel Tour de Banyuwangi Ijen Siap Digelar Lagi Tahun 2024 Ini di Printilan.com. Nantikan info-info mengenai olahraga hanya di printilan.com.

Printilan.com adalah situs web berisi informasi mengenai topik-topik seperti daerah, politik, negara, sejarah, transportasi, dan hiburan. Kami juga menampilkan arsip-arsip berita di masa lalu agar jadi jembatan wawasan bagi masa sekarang.