Nama Dukuh di Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten

by | Apr 25, 2024 | Desa, Nama Dusun Dukuh Kampung, Pemerintah Desa

Artikel ini membahas Nama Dukuh atau Padukuhan di Kecamatan Wedi di Kabupaten Klaten. Dukuh sendiri merupakan wilayah yang berada di bawah desa, yang biasanya ditemukan di Pulau Jawa utamanya Jawa Tengah, DIY, dan sebagian Jawa Timur. Biasanya dukuh dikepalai oleh seorang kamituwa atau bayan, yang biasanya bisa jadi menjadi perangkat desa.

Baca juga: Apa Yang Dimaksud Desa, Dusun, Dukuh, Lingkungan dan Kampung?

Secara administrasi Kecamatan Wedi adalah salah satu dari 26 kecamatan yang ada di wilayah Klaten. Wilayah nya terdiri dari 19 desa, yaitu: Birit, Brangkal, Canan, Dengkeng, Gadungan, Jiwowetan, Kadibolo, Kadilanggon, Kaligayam, Kalitengah, Melikan, Pacing, Pandes, Pasung, Pesu, Sembung, Sukorejo, Tanjungan, dan Trotok. Setiap wilayah ini terdiri dari dukuh-dukuh yang memiliki nama tersendiri. Printilan.com akan mengulas semuanya untuk anda semua.

Baca juga : Nama Kampung dan Dukuh di Kecamatan Klaten Tengah

Birit

Desa Birit, terdiri dari Dukuh Glagah, Birit, Kadisimo, Ngekrun, Jetis, Ngemplak, dan Gebal Wetan.

Brangkal

Desa Brangkal, terdiri dari Dukuh Bicak, Mundu, Muker, Ngunut, Mandungan, Jetis, Kragilan, dan Tegal Kragilan.

Canan

Desa Canan, terdiri dari Dukuh Gebal Kulon, Gebal Wetan, Margorejo, Ngantenan, Gunungan, Ngemplak, Canan, Jetis, Sarap Cilik, dan Sutran.

Dengkeng

Desa Dengkeng, terdiri dari Dukuh Dengkeng Tengah, Dengkeng Kulon, Dengkeng Wetan, Karangasem, dan Pengkol.

Gadungan

Desa Gadungan, terdiri dari Dukuh Rogosutan, Rogodalan, Rogogalan, Rogonalan, Beku, Gadungan, Niten, Klampokan, Tanjunganom, dan Pencar.

Jiwowetan

Desa Jiwowetan, terdiri dari Dukuh Sekarbolo dan Jiwo Wetan.

Kadibolo

Desa Kadibolo, terdiri dari Dukuh Tegalsari, Jlumbang, Mijilrejo, Ngabetan, dan Tegalsalam.

Kadilanggon

Desa Kadilanggon, terdiri dari Dukuh Brangkalrejo, Kadilanggon, Ngemplak, Karanggebang, Tawangsari, dan Gempol.

Baca juga:

Kaligayam

Desa Kaligayam, terdiri dari Dukuh Bakalan, Ngemplak, Bantengan, Kaligayam, Mindi, Pututmati, Karangmunggur, dan Kaponan.

Kalitengah

Desa Kalitengah, terdiri dari Dukuh Kalitengah, Slegrengan, Karang, Murukan, Ngirosaran, Jeronboto, Kauman, Pundung, Gatak, Buntalan, Klumutan, Garuman, Gambiran, Beji, Dalangan, Ngrahu, Tanggul, Singonggalan, Bendan, dan Gatak Grudan.

Melikan

Desa Melikan, terdiri dari Dukuh Melikan, Bogor, Pagerjurang, Bayat, Sayangan, Mundu, Bantengan, Curen, Sumber, Muker, dan Sekarkalam.

Pacing

Desa Pacing, terdiri dari Dukuh Pacing, Karangasem, dan Tegalsari.

Pandes

Desa Pandes, terdiri dari Dukuh Karang, Kuntulan, Pandes, Genukan, Gajihan, Karangrejo, Ngrendengan, Ngendengan, Kajen, Irobangsan, Jagalan, Krangkungan, Ngalan, dan Ngenden.

Baca juga:

Pasung

Desa Pasung, terdiri dari Dukuh Karangan, Tegal Karangasem, Pule, Kriyan, Pasung, Kaporan, Delon, Ngepem, Gombang, Srago, Gatak Krun, dan Gatak Turi.

Pesu

Desa Pesu, terdiri dari Dukuh Pesu, Sarap, dan Mawen.

Baca juga:

Sembung

Desa Sembung, terdiri dari Dukuh Sembung, Tegalsalam, Tegalbaru, Tegalrejo, Tegalwaru, Tegalyoso, dan Gumul.

Sukorejo

Desa Sukorejo, terdiri dari Dukuh Gadungsari, Sukorejo, Daratan, Pacalan, Sembung, Ngemplak, Ngentak, Krandon, Giren, Birit.

Tanjungan

Desa Tanjungan, terdiri dari Dukuh Karangduwet, Karangan, Tanjungan, Jetak, dan Karangwuni.

Baca juga:

Trotok

Desa Trotok, terdiri dari Dukuh Jiwo Kulon dan Trotok.

Baca juga:

Terima kasih telah membaca artikel Nama Dukuh di Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten. Anda bisa memperoleh informasi mengenai pembagian wilayah di Kabupaten/Kota di Indonesia di Printilan.com

Printilan.com adalah situs web berisi informasi mengenai pengetahuan umum yang mungkin kamu belum tahu mengenai topik-topik seperti Pengetahuan Umum, Desa, Transportasi, Infrastruktur, Sejarah, dan Daerah. Kami juga menampilkan arsip berita-berita lama Indonesia, agar jadi jembatan wawasan bagi masa sekarang.