Nama Dukuh di Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten

by | Feb 16, 2024 | Desa, Nama Dusun Dukuh Kampung, Pemerintah Desa

Artikel ini membahas Nama Dukuh atau Padukuhan di Kecamatan Prambanan di Kabupaten Klaten. Dukuh sendiri merupakan wilayah yang berada di bawah desa, yang biasanya ditemukan di Pulau Jawa utamanya Jawa Tengah, DIY, dan sebagian Jawa Timur. Biasanya dukuh dikepalai oleh seorang kamituwa atau bayan, yang biasanya bisa jadi menjadi perangkat desa.

Baca juga: Apa Yang Dimaksud Desa, Dusun, Dukuh, Lingkungan dan Kampung?

Secara administrasi Kecamatan Prambanan adalah salah satu dari 26 kecamatan yang ada di wilayah Klaten. Seperti namanya, kecamatan ini memang adalah lokasi dimana Candi Prambanan yang terkenal berdiri. Selain itu terdapat beberapa candi lain yang berlokasi di kecamatan ini seperti Candi Plaosan dan Candi Sojiwan. Wilayah nya terdiri 16 desa, yaitu: Brajan, Bugisan, Cucukan, Geneng, Joho, Kebondalem Kidul, Kebondalem Lor, Kemudo, Kokosan, Kotesan, Pereng, Randusari, Sanggrahan, Sengon, Taji, dan Tlogo. Setiap wilayah ini terdiri dari dukuh-dukuh yang memiliki nama tersendiri. Printilan.com akan mengulas semuanya untuk anda semua.

Baca juga : Nama Kampung dan Dukuh di Kecamatan Klaten Tengah

Brajan

Desa Brajan, terdiri dari Dukuh Sidowarno, Sidodowo, Jlopo, Sunggingan, Sunggingan Wetan, Tegalanom, Tegalpulisi, Brajan, Kebonmati, Purworejo, dan Saren.

Bugisan

Desa Bugisan, terdiri dari Dukuh Bener, Bugisan, Plaosan, Dengok, Dengok Kulon, Cepoko, Purwodadi, Kretek, Sukoharjo, dan Candirejo.

Baca juga:

Cucukan

Desa Cucukan, terdiri dari Dukuh Senden, Matangan, Tegal Klumprit, Gupolo, Saren, Cucukan, Jetistiken, dan Butuh.

Geneng

Desa Geneng, terdiri dari Dukuh Geneng, Geneng Lor, Geneng Kidul, Geneng Sanggrahan, Kemitbumen, Tegalsarwono, Gatak, Ngangkruk, Ngentak, Pradan, Pandan, Pandan II, Pandansimping, Pandan Asri, Tonalan, Kembang, Tempel, dan Krawanan.

Joho

Desa Joho, terdiri dari Dukuh Ngrangkah, Bangsan, Somoragen, Wates, Cetokan, Padan Jero, Padan Jobo, Padan Tempel, Potronalan, Joho, Karanglo, Sidokaton, Sidomuluk, Sidokerto, Kalongan, Dukuhan, Saman, Soronayan, Tegalrejo, dan Watuleter.

Kebondalem Kidul

Desa Kebondalem Kidul, terdiri dari Dukuh Kadipaten Lor, Kadipaten Kidul, Kebondalem, Kebondalem Kidul, Tegalharjo, Kwaron, Gempol, Banjarsari, Koplak, Ngangkruk, Watutumpeng, Dalangan, Srimulyo, Tloyo, Kalongan, Sentul, Dalangan, Bero, Kenteng, dan Pokak.

Kebondalem Lor

Desa Kebondalem Lor, terdiri dari Dukuh Kidul Bugelan, Bugelan, Kebondalem, Kebondalem Lor, Dengok, Dengok Rangkah, Tegalrejo, Tegalsempu, Tegalserut, Tegalsono, Kridomulyo, Ngentak, Tempel, Kembangan, Dukuh, Grejegan, dan Karangjoho.

Baca juga:

Kemudo

Desa Kemudo, terdiri dari Dukuh Tegalborong, Tegalsari, Gunungampo, Kagokan, Pundung, Paringan, Tambirejo, Groyokan, Sarimulyo, Dompyong, Beji, Kemudo, Jamusan, Bulurejo, Deleran, Donomulyo, Setuman, Jeblog, Jombor, dan Karangasem.

Kokosan

Desa Kokosan, terdiri dari Dukuh Ringinsari, Tegalkumpul, Banjarsari, Protobawan, Protobawan Pabrik, Tugurejo, Gambrengan, Pasiran, Slametan, Rejosari, dan Jarakan.

Kotesan

Desa Kotesan, terdiri dari Dukuh Kongklangan, Kotesan, Kotesan Lor, Sidoarjo, Tegalturi, Guwo, Panasan, Glonggong, dan Drini.

Pereng

Desa Pereng, terdiri dari Dukuh Karangelak, Sunggingan Kulon, Sunggingan Wetan, Sunggingan Bendo, Pereng Kulon, Pereng Wetan, dan Nglinggi.

Baca juga:

Randusari

Desa Randusari, terdiri dari Dukuh Genukan, Randusari, Ngladon, Kalibutak, Sidomulyo, Sidosari, Sidomukti, Sidodadi, Plembon, Prayan, Gotakan, Tawangsari, Mandungan Lor, Mandungan Kidul, Mojosari, dan Genukan.

Sanggrahan

Desa Sanggrahan, terdiri dari Dukuh Kongklangan, Gagakan, Tegal Cucukan, Tegal Sanggrahan, Gedongan, Kagokan, Glonggong, Gendeng, Geneng, Sanggrahan, Cucukan, Karangmoncol, dan Pucung.

Sengon

Desa Sengon, terdiri dari Dukuh Tegalsari, Gedong, Panggil, Gunung Pegat, Cabakan, Paten, Garutan, Dukuh, Mangunjayan, Belan, Jetis Lor, Jetis Kidul, dan Sengon.

Baca juga:

Taji

Desa Taji, terdiri dari Dukuh Bejisari, Jontaan, Kotesan, Taji, Plembon, Pandean, Pandean II, dan Plaosan.

Tlogo

Desa Tlogo, terdiri dari Dukuh Tlogo Lor, Tlogo Kidul, Borongan, Pemukti Baru, Sidodadi, Ngangkruk Baru, Klurak Baru, Mudal, dan Karangputih.

Baca juga:

Terima kasih telah membaca artikel Nama Dukuh di Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten. Anda bisa memperoleh informasi mengenai pembagian wilayah di Kabupaten/Kota di Indonesia di Printilan.com

Printilan.com adalah situs web berisi informasi mengenai pengetahuan umum yang mungkin kamu belum tahu mengenai topik-topik seperti Pengetahuan Umum, Desa, Transportasi, Infrastruktur, Sejarah, dan Daerah. Kami juga menampilkan arsip berita-berita lama Indonesia, agar jadi jembatan wawasan bagi masa sekarang.