Nama Dukuh di Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten

by | Feb 15, 2024 | Daerah

Artikel ini membahas Nama Dukuh atau Padukuhan di Kecamatan Polanharjo di Kabupaten Klaten. Dukuh sendiri merupakan wilayah yang berada di bawah desa, yang biasanya ditemukan di Pulau Jawa utamanya Jawa Tengah, DIY, dan sebagian Jawa Timur. Biasanya dukuh dikepalai oleh seorang kamituwa atau bayan, yang biasanya bisa jadi menjadi perangkat desa.

Baca juga: Apa Yang Dimaksud Desa, Dusun, Dukuh, Lingkungan dan Kampung?

Secara administrasi Kecamatan Polanharjo adalah salah satu dari 26 kecamatan yang ada di wilayah Klaten. Kecamatan Polanharjo terkenal dengan beberapa objek wisata yang sudah dikenal luas oleh masyarakat seperti Umbul Ponggok di Desa Ponggok, dan pemancingan ikan di Desa Janti. Wilayah nya terdiri 19 desa, yaitu: Borongan, Glagahwangi, Janti, Jimus, Kahuman, Kapungan, Karanglo, Kebonharjo, Keprabon, Kranggan, Nganjat, Ngaran, Polan, Ponggok, Sidoharjo, Sidowayah, Turus, dan Wangen. Setiap wilayah ini terdiri dari dukuh-dukuh yang memiliki nama tersendiri. Printilan.com akan mengulas semuanya untuk anda semua.

Baca juga : Nama Kampung dan Dukuh di Kecamatan Klaten Tengah

Borongan

Desa Borongan, terdiri dari Dukuh Kuwangan, Karangturi, Jimus, Karanggondang, Kalangan, Plumbon, Kwagean, Borongan, Gatak, Grenjeng, Jetis, Bulu, Dondong Lor, Dondong Kidul, Kowangan, Tegalsari, Klemut, Jetisan, Karang Turi, dan Tegal Kowangan.

Glagahwangi

Desa Glagahwangi, terdiri dari Dukuh Kemasan, Karangjati, Glagahwangi, Glagah Kidul, Sumberan, Tanjungarum, Sidomulyo, dan Dukuh.

Baca juga:

Janti

Desa Janti, terdiri dari Dukuh Janti, Janti Cilik, Pranan, Ngendo, Cabeyan, Mangunsuparnan, Tegalgondo, dan Padakan.

Jimus

Desa Jimus, terdiri dari Dukuh Sawahan, Cangkring, Kauman, Jimus, Demangan, Jetisan, dan Pilangan.

Kahuman

Desa Kahuman, terdiri dari Dukuh Padan, Pundung, Gridin, Karanggumul, Sribit, Sribit Tempel, Gedongan, dan Gatak.

Kapungan

Desa Kapungan, terdiri dari Dukuh Pekilen, Mendungan, Depiro, Ngrawan, Margomulyo, Banjiran, Karangturi, dan Karangkundi.

Baca juga:

Karanglo

Desa Karanglo, terdiri dari Dukuh Pusur, Nglangun, Karanglo, Plumbon, dan Suruh.

Kebonharjo

Desa Kebonharjo, terdiri dari Dukuh Srimulyo, Sirukun, Sawahan, Lor Pasar, dan Kuwel.

Keprabon

Desa Keprabon, terdiri dari Dukuh Kuwel, Krapyak, Kalongan, Noroyudan, Dampulan, Kalangan, Tempel, Bitaran, Karen, Jagalan, Kidul Pasar, Soloraten, dan Belik.

Kranggan

Desa Kranggan, terdiri dari Dukuh Tegalsari, Logantung, Bangkokan, Suratmanan, Dukuh, Dedelan, Kahuman, Kranggan, Deresan, Torekan, Tosutan, Botokan, Ngentak, Sorogenen, dan Danguran.

Nganjat

Desa Nganjat, terdiri dari Dukuh Nganjat, Ngebakan, Jetis, Botorejo, Ponggok, dan Umbul Cilik.

Ngaran

Desa Ngaran, terdiri dari Dukuh Balan, Turasan, Candi, Ngaran, Turus, Turus Patran, dan Jaten.

Baca juga:

Polan

Desa Polan, terdiri dari Dukuh Karangturi, Margorejo, Karanggeneng, Mengang, Polan, Tegalmulyo, Margorejo, dan Ploso.

Ponggok

Desa Ponggok, terdiri dari Dukuh Ponggok, Kiringan, dan Umbulsari.

Sidoharjo

Desa Sidoharjo, terdiri dari Dukuh Sidoharjo, Tlobong, Demangan, Sumberejo, Kliwonan, Kahuman, Purwogondo, Ploso, dan Krajan.

Sidowayah

Desa Sidowayah, terdiri dari Dukuh Gaten, Tegalan, Kayuhan, Sidowayah, Jantirejo, Gondang, Sidomulyo, Kentong, Kahuman, Kademangan, dan Kenteng.

Baca juga:

Turus

Desa Turus, terdiri dari Dukuh Turus Lor, Turus Kidul, Mrisen, Jetis, Popongan Kulon, dan Popongan Wetan.

Wangen

Desa Wangen, terdiri dari Dukuh Kuwel, Jragan, Wangen, Beku, Polengan, Wareng, Plumbon, Kergan, dan Teseh.

Baca juga:

Terima kasih telah membaca artikel Nama Dukuh di Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. Anda bisa memperoleh informasi mengenai pembagian wilayah di Kabupaten/Kota di Indonesia di Printilan.com

Printilan.com adalah situs web berisi informasi mengenai topik-topik seperti daerah, politik, negara, sejarah, transportasi, dan hiburan. Kami juga menampilkan arsip-arsip berita di masa lalu agar jadi jembatan wawasan bagi masa sekarang.