Nama Dukuh di Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten

by | May 15, 2024 | Desa, Nama Dusun Dukuh Kampung, Pemerintah Desa

Artikel ini membahas Nama Dukuh atau Padukuhan di Kecamatan Kemalang di Kabupaten Klaten. Dukuh sendiri merupakan wilayah yang berada di bawah desa, yang biasanya ditemukan di Pulau Jawa utamanya Jawa Tengah, DIY, dan sebagian Jawa Timur. Biasanya dukuh dikepalai oleh seorang kamituwa atau bayan, yang biasanya bisa jadi menjadi perangkat desa.

Baca juga: Apa Yang Dimaksud Desa, Dusun, Dukuh, Lingkungan dan Kampung?

Secara administrasi Kecamatan Kemalang adalah salah satu dari 26 kecamatan yang ada di wilayah Klaten. Kecamatan ini berada di lereng Gunung Merapi. Wilayah nya terdiri dari 13 desa, yaitu: Balerante, Bawukan, Bumiharjo, Dompol, Kemalang, Kendalsari, Keputran, Panggang, Sidorejo, Talun, Tangkil, Tegalmulyo, dan Tlogowatu. Setiap wilayah ini terdiri dari dukuh-dukuh yang memiliki nama tersendiri. Printilan.com akan mengulas semuanya untuk anda semua.

Baca juga : Nama Kampung dan Dukuh di Kecamatan Klaten Tengah

Balerante

Desa Balerante terdiri dari Dukuh Sukorejo, Guwosari, Balerante, Kaligompyong, Gondang, Banjarsari, Sambungrejo, Ngelo, Ngipiksari, Bendorejo, Pusung, dan Tegalweru.

Bawukan

Desa Bawukan terdiri dari Dukuh Tegalurung, Blungkangan, Butuh, Barakan, Tegalsari, Wonorejo, Bawukan, Tegalkuwung, Semarangan, Ngemplak Gempil, Wungurejo, dan Sidomulyo.

Baca juga:

Bumiharjo

Desa Bumiharjo terdiri dari Dukuh Surowono Lor, Surowono Kidul, Ngrancah, Glonggong, Tamanharjo, Pusung, Banjarsari, dan Bumiharjo.

Dompol

Desa Dompol terdiri dari Dukuh Nadri, Prayan, Dompol, Sumberejo, Purwosari, Purworejo, Ngemplak, Gadingan, Candirejo, Wates, Kemalang, dan Jetis.

Kemalang

Desa Kemalang terdiri dari Dukuh Kantirejo, Kemalang, Karangdoyo, Randuawar, Randulanang, Balemudo, Ngebong, Citran, Dompol, Kopengmadu, dan Sidomulyo.

Kendalsari

Desa Kendalsari terdiri dari Dukuh Glagahsari, Kendalsari, Karangkendal, Trayu, Sambirejo, Dologan, Kedung, Kembangbener, Kaligentong, Malangsari, dan Karangpakel.

Baca juga:

Keputran

Desa Keputran terdiri dari Dukuh Papringan, Gegermoyo, Kembang, Dukuh, Tasikmadu, Kalikajar, Ngrendet, Gatak, Kadipolo, Santan, Karangsoko, Kembang, Tegalsoko, Banjaran, Tambakwatu, dan Badran.

Panggang

Desa Panggang terdiri dari Dukuh Banjarejo, Panggang, Bibis, Lodadi, Tegalgading, Suren, Pule Gede, dan Sidosari.

Sidorejo

Desa Sidorejo terdiri dari Dukuh Tawang, Sidorejo, Buludadi, Karangkulon, Pancasan, Gumukrejo, Blorong, Karangbutan, Bono, Bono Kidul, Dukuhrejo, Dadapan, Wates, Duwet, Petung, Kaliwuluh, Deles, Bendo Anjir, Segadung, Butuh, dan Kadirejo.

Baca juga:

Talun

Desa Talun terdiri dari Dukuh Ngemplak, Sidorejo, Ngagrong, Wukirsari, Tawangmangu, Plosokerep, dan Madat.

Tangkil

Desa Tangkil terdiri dari Dukuh Sundangrejo, Randulencir, Ngampelrejo, Bumiayu, Surowono, Jatiwekas, Cangkir, Sidodadi, Sidorejo, Gundul Tangkil, Tikas, Karangkulon, Manisarjo, Purwodadi, Bendorejo, Watugede, Magen, Karang, dan Glagah.

Tegalmulyo

Desa Tegalmulyo terdiri dari Dukuh Grintingan, Gondang, Canguk, Nglerep, Geneng Kidul, Jayan, Krecek, Jerukwangi, Sumur, Mendak, Girpasang, dan Jamuran.

Baca juga:

Tlogowatu

Desa Tlogowatu terdiri dari Dukuh Narum Lor, Narum Kidul, Mendak, Tlogowatu, Remeng Lor, Remeng Kidul, Genep, Ledoksari, Gentan, Wates, Sidomuluk, Sumberejo, Ngaglik, Munggur, dan Randurejo.

Baca juga:

Terima kasih telah membaca artikel Nama Dukuh di Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten. Anda bisa memperoleh informasi mengenai pembagian wilayah di Kabupaten/Kota di Indonesia di Printilan.com

Printilan.com adalah situs web berisi informasi mengenai pengetahuan umum yang mungkin kamu belum tahu mengenai topik-topik seperti Pengetahuan Umum, Desa, Transportasi, Infrastruktur, Sejarah, dan Daerah. Kami juga menampilkan arsip berita-berita lama Indonesia, agar jadi jembatan wawasan bagi masa sekarang.