Nama Dukuh di Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten

by | May 7, 2024 | Desa, Nama Dusun Dukuh Kampung, Pemerintah Desa

Artikel ini membahas Nama Dukuh atau Padukuhan di Kecamatan Jogonalan di Kabupaten Klaten. Dukuh sendiri merupakan wilayah yang berada di bawah desa, yang biasanya ditemukan di Pulau Jawa utamanya Jawa Tengah, DIY, dan sebagian Jawa Timur. Biasanya dukuh dikepalai oleh seorang kamituwa atau bayan, yang biasanya bisa jadi menjadi perangkat desa.

Baca juga: Apa Yang Dimaksud Desa, Dusun, Dukuh, Lingkungan dan Kampung?

Secara administrasi Kecamatan Jogonalan adalah salah satu dari 26 kecamatan yang ada di wilayah Klaten. Wilayah nya terdiri dari 18 desa, yaitu: Bakung, Dompyongan, Gondangan, Granting, Joton, Karangdukuh, Kraguman, Ngering, Pakahan, Plawikan, Prawatan, Rejoso, Somopuro, Sumyang, Tambakan, Tangkisan Pos, Titang, dan Wonoboyo. Setiap wilayah ini terdiri dari dukuh-dukuh yang memiliki nama tersendiri. Printilan.com akan mengulas semuanya untuk anda semua.

Baca juga : Nama Kampung dan Dukuh di Kecamatan Klaten Tengah

Bakung

Desa Bakung, terdiri dari Dukuh Lusah, Dukunan, Ngering, Kergan, Kergan Lor, Srowot, Cabean, dan Jetis.

Dompyongan

Desa Dompyongan, terdiri dari Dukuh Tawangsari, Dadapan, Dompyongan, Tempelsari, Tegalsari, Banjarejo, Krapyak, Karangkepoh, Tinggen, Gondangalas, dan Banjaran.

Baca juga:

Gondangan

Desa Gondangan, terdiri dari Dukuh Gondangrejo, Sumbersari, Gondangan, Ngaseman, Jiwan, Lusah, Lusah Tegal, Tumpukan, Sumberan, dan Gatak.

Granting

Desa Granting, terdiri dari Dukuh Nganten, Granting, Bangunrejo, Bangunrejo Kidul, Klampokan, Dompyong, dan Gulungi.

Joton

Desa Joton, terdiri dari Dukuh Ngerangan, Tegal Ngerangan, Joton, Mampiran, Tegal Mampir, Bladu, Ngladon, Desan Kulon, Desan Wetan, Jambon, Tangkilan, dan Pulerejo.

Karangdukuh

Desa Karangdukuh, terdiri dari Dukuh Satron, Karangdukuh, Keringan, Bareng, Banyumeneng, Ngangkruk, Sabrangkali, Karanglo, dan Brajan.

Kraguman

Desa Kraguman, terdiri dari Dukuh Candran, Kraguman, Pendem, Kijilan, Padan, Nganten, Grogol, Pancasan, Noyopaten, Cabean, Ngasinan, Kintelan, Pondokan, Karangsuwung, Sabrangwetan, dan Pucung.

Ngering

Desa Ngering, terdiri dari Dukuh Tegalwaru, Mancasan, Karangasem, Krandon, Rujak Gadungan, Jetis, Ngering, Ngering Cilik, Balerejo, Rogobayan, dan Somoitan.

Baca juga:

Pakahan

Desa Pakahan, terdiri dari Dukuh Tegal, Sentono, Tegal Krapyak, Krapyak Lor, Krapyak Kidul, Dukuh Lor, Dukuh Kidul, Tobayan, Sampilan, Pakahan, Kantolan, Majasem, dan Ledok.

Plawikan

Desa Plawikan, terdiri dari Dukuh Kuwiran, Karangasem, Plawikan, Kios Plawikan, Kongsi, Minggiran, Karang, Tengahan, Karangasinan, Ringinrejo, Karangduren, Gondang Baru, Nalan, Kerten, Ngaglik, dan Canden.

Prawatan

Desa Prawatan, terdiri dari Dukuh Tegalmas, Lusah, Kemasan, Tegalyoso, Sumbersari, Sabrangkali, Mojorejo, Prawatan, Gombangan, Kratan, Besaran, Tegalembo, Talun, dan Balangan.

Rejoso

Desa Rejoso, terdiri dari Dukuh Rejoso, Candi, dan Giligan.

Somopuro

Desa Somopuro, terdiri dari Dukuh Somopuro, Nolojayan, Sinduharjo, Sawahan, Wirosari, Pandan, Pandan Wetan, Pule, Platar, dan Ngudirejo.

Sumyang

Desa Sumyang, terdiri dari Dukuh Sumyang, Karang, Kerten, Sayangan, Kutu, dan Karangduren.

Baca juga:

Tambakan

Desa Tambakan, terdiri dari Dukuh Setan, Ngemplak, Kemplang, Japlakan, Gaten, Tambakan, Kiran, Kergan, Sabrangan, Mundungan, Seworagan, Sudan, Ngladon, Jogonalan, dan Selobayan.

Tangkisan Pos

Desa Tangkisan Pos, terdiri dari Dukuh Tangkisan Pos, Sabrangkali, dan Gatak.

Baca juga:

Titang

Desa Titang, terdiri dari Dukuh Kleco, Ngarung, Krogaten, Cabean, Sutan, Sungkaran, Triyan, Norowetan, Kadipaten, Cetok, Ngrandu, dan Saman.

Wonoboyo

Desa Wonoboyo, terdiri dari Dukuh Plosokuning, Sirap, Wonoboyo, Tegal Wonoboyo, Kanutan, Tegal, Depok, Dukuhan, Dagen, Gatak, Klatren, Cucukan, dan Tegalsari.

Baca juga:

Terima kasih telah membaca artikel Nama Dukuh di Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten. Anda bisa memperoleh informasi mengenai pembagian wilayah di Kabupaten/Kota di Indonesia di Printilan.com

Printilan.com adalah situs web berisi informasi mengenai pengetahuan umum yang mungkin kamu belum tahu mengenai topik-topik seperti Pengetahuan Umum, Desa, Transportasi, Infrastruktur, Sejarah, dan Daerah. Kami juga menampilkan arsip berita-berita lama Indonesia, agar jadi jembatan wawasan bagi masa sekarang.