Nama Dukuh di Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten

by | Apr 27, 2024 | Daerah

Artikel ini membahas Nama Dukuh atau Padukuhan di Kecamatan Cawas di Kabupaten Klaten. Dukuh sendiri merupakan wilayah yang berada di bawah desa, yang biasanya ditemukan di Pulau Jawa utamanya Jawa Tengah, DIY, dan sebagian Jawa Timur. Biasanya dukuh dikepalai oleh seorang kamituwa atau bayan, yang biasanya bisa jadi menjadi perangkat desa.

Baca juga: Apa Yang Dimaksud Desa, Dusun, Dukuh, Lingkungan dan Kampung?

Secara administrasi Kecamatan Cawas adalah salah satu dari 26 kecamatan yang ada di wilayah Klaten. Wilayah nya terdiri dari 20 desa, yaitu: Balak, Baran, Barepan, Bawak, Bendungan, Bogor, Burikan, Cawas, Gombang, Japanan, Karangasem, Kedungampel, Mlese, Nanggulan, Pakisan, Plosowangi, Pogung, Tirtomarto, Tlingsing, dan Tugu. Setiap wilayah ini terdiri dari dukuh-dukuh yang memiliki nama tersendiri. Printilan.com akan mengulas semuanya untuk anda semua.

Baca juga : Nama Kampung dan Dukuh di Kecamatan Klaten Tengah

Balak

Desa Balak, terdiri dari Dukuh Gunden, Balak, Sendangrejo, Karangturi, Kauman, Jowo, Banyon, Ngetal, Hadimulyo, Walikukun, Getasan, dan Kedulan.

Baran

Desa Baran, terdiri dari Dukuh Kaden, Tegalrejo, Klumpit, Bororejo, Tlukan, Tegalrejo, Baran, dan Serutan.

Barepan

Desa Barepan, terdiri dari Dukuh Gebang, Brangkal, Sepi, Pringtutul, Barepan, Barepan Wetan, Tanjung, Kedungsambi, Kalideres, Kuncen, dan Kangukan.

Baca juga:

Bawak

Desa Bawak, terdiri dari Dukuh Krajegan, Karangturi, Gowangsan, Bawak, Gonalan, Kalijaran, Temas, dan Mangkan.

Bendungan

Desa Bendungan, terdiri dari Dukuh Tegalbulu, Jetis, Seyegan, Bendungan, Soroyudan, Balen, Bulu, dan Denokan.

Bogor

Desa Bogor, terdiri dari Dukuh Gumpang, Plumpung, Bebekan, Kedungan, Bogor, Soko, Tegal Kedungan, dan Tegalmulyo.

Burikan

Desa Burikan, terdiri dari Dukuh Sawahan, Mundon, Betro, Burikan, Groyokan, dan Krangkungan.

Cawas

Desa Cawas, terdiri dari Dukuh Kauman Barat, Cawas, Donoharjo, Senden, Jonalan, Gabus, Noyotrunan, Gatak, Rejosari, Toprayan, Posakan Timur, Jantirejo, Sanggrahan, Nosutan, Sentul, Nanggulan, dan Sidorejo.

Gombang

Desa Gombang, terdiri dari Dukuh Gombang, Gombang Alas, Gombang Baru, Karangjati, Dawung, Pogung, Kalesan, dan Sajen.

Japanan

Desa Japanan, terdiri dari Dukuh Krantal, Kutorejo, Japanan, Walikukun, Karangtal, Sumberejo, Turunan, Turasan, dan Boto.

Baca juga:

Karangasem

Desa Karangasem, terdiri dari Dukuh Namengan, Karangasem, Padangan, Pancuran, Gadingan, Pundungsari, Randusari, dan Jonggo.

Kedungampel

Desa Kedungampel, terdiri dari Dukuh Banjarejo, Banjarsari, Keduangampel Kulon, Kedungampel Wetan, Kandri, Kandri Kalang, dan Sewan.

Mlese

Desa Mlese, terdiri dari Dukuh Gabahan Gede, Gabahan Cilik, Mlese, Tegaldalem, Jangganrejo, Kiringan, Dukuh, Gentan, Tempel, dan Sragon.

Nanggulan

Desa Nanggulan, terdiri dari Dukuh Nglesem, Sidodadi, Nglengkong, Bulu, Nanggulan, Seban, Ngrowo, Tunggak Kemasan, dan Rowo.

Pakisan

Desa Pakisan, terdiri dari Dukuh Manton, Pakisan, Kentengrejo, Demakan, Kaliwanci, Klegen, Pondok, Budirejo, Soropaten, dan Palihan.

Baca juga:

Plosowangi

Desa Plosowangi, terdiri dari Dukuh Plosowangi Wetan, Bumiharjo Lor, Bumiharjo Kidul, Wahyumulyo, Congkrangan, Kayen Kidul, dan Jembangan.

Pogung

Desa Pogung, terdiri dari Dukuh Pogung Gede, Pogung Cilik, Jitengan, Brengkungan, Tegal Kalesan, Soko Alas, dan Niten.

Tirtomarto

Desa Tirtomarto, terdiri dari Dukuh Sidorejo, Tegal Kiringan, Plosorejo, Gunden, Jantisari, Tirtomarto, Pundungsari, dan Jetis.

Baca juga:

Tlingsing

Desa Tlingsing, terdiri dari Dukuh Sidomulyo Kulon, Sidomulyo Wetan, Tegalrejo, Krompakan, Garingan, Dadirejo, Sempu, Girimarto, dan Bibis.

Tugu

Desa Tugu, terdiri dari Dukuh Burikan, Kalimangu, Kalideres, Guyangan, Setren, Tugu, dan Tempel.

Baca juga:

Terima kasih telah membaca artikel Nama Dukuh di Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten. Anda bisa memperoleh informasi mengenai pembagian wilayah di Kabupaten/Kota di Indonesia di Printilan.com

Printilan.com adalah situs web berisi informasi mengenai topik-topik seperti daerah, politik, negara, sejarah, transportasi, dan hiburan. Kami juga menampilkan arsip-arsip berita di masa lalu agar jadi jembatan wawasan bagi masa sekarang.