Kereta Api Jarak Jauh Dan Kereta Api Lokal, Apa Bedanya?

by | Mar 12, 2024 | Kereta Api, Pengetahuan Umum, Transportasi

Artikel ini membahas Kereta Api Jarak Jauh dan Kereta Api Lokal, yang merupakan skema perjalanan kereta api di Indonesia. Perbedaan yang terjadi, selain sesuai namanya yang menyatakan jarak tempuh kereta api. Juga berpengaruh ke harga tiket, lama perjalanan, dan susunan kursi.

Kereta api jarak jauh (KAJJ) digunakan secara luas oleh masyarakat sebagai salah satu moda transportasi untuk berpindah dari kota ke kota. Kita bisa melihat pada momen-momen seperti mudik lebaran dan libur panjang, stasiun kereta api dipenuhi oleh para penumpang yang akan menuju ke kota-kota yang dilayani jalur kereta api. Di Indonesia, KAJJ dioperasikan oleh PT. Kereta Api Indonesia.

Baca juga: Apa Perbedaan Kelas Eksekutif, Bisnis, Premium, dan Ekonomi di Kereta Api Indonesia?

Namun ketika kamu datang ke stasiun, atau memesan tiket kereta dari platform perjalanan atau di aplikasi resmi Access by KAI, kamu tidak bisa menemukan semua kereta yang sebenarnya ingin kamu cari. Itu karena tidak semua kereta api adalah KAJJ. Bisa jadi kereta yang ingin kamu naiki adalah kereta lokal, kereta bandara, MRT, atau LRT.

Baca juga: Fitur-fitur Aplikasi Access by KAI Yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Lalu bagaimana cara membedakan mereka semua? Kita akan berkenalan dengan jenis-jenis kereta yang ada di Indonesia. Sehingga kamu lebih paham kereta yang kamu naiki masuk ke kategori mana. Simak ulasan lengkapnya di Printilan.com

Tampilan tangkapan layar (screenshot) aplikasi Access by KAI yang menunjukkan menu KAJJ, Lokal, dan Commuter.

Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ)

Sesuai dengan namanya kereta api jenis ini melayani rute jarak jauh dari kota ke kota. KAJJ tidak melayani kota yang berdekatan, namun bisa melintasi 2-3 kota, bahkan lintas provinsi. Perjalanan kereta api jarak jauh biasanya lebih dari 4 jam.

Kelas yang tersedia bermacam-macam, mulai dari eksekutif, bisnis, premium, dan ekonomi yang fasilitas dan cirinya bisa anda baca di sini.

Dan anda akan menemukan kereta jarak jauh ketika memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI di menu “Antar Kota”.

Kereta Api Lokal yang dikelola PT KAI

Anda akan menemukan kereta jarak jauh ketika memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI di menu “Lokal”.

Kereta api yang termasuk kereta lokal yang dikelola PT KAI saat ini adalah KA Pandanwangi, relasi Ketapang-Banyuwangi Kota-Jember PP. Kereta api SIliwangi yang melayani rute Sukabumi-Cipatat PP. Pariaman Ekspres yang beroperasi di Sumatera Barat. Dan, Siantar Ekspres yang beroperasi di Sumatera Utara.

Kereta api lokal biasanya menggunakan kereta (gerbong) jenis K3 berisi 106 tempat duduk, dengan konfigurasi kursi 2-3 (2 kursi-aisle/lorong-3kursi) yang berhadap-hadapan. Harga tiketnya juga cenderung murah karena menggunakan kereta K3 dan jaraknya yang dekat.

Kereta Api Lokal yang dikelola KAI Commuter (PT KCI)

Dan anda akan menemukan kereta api lokal yang dikelola PT KCI ketika memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI di menu “Commuter Line”.

KRL Jabodetabek Bogor Line sedang berhenti di Stasiun Transit Manggarai, dengan latar belakang pusat kota Jakarta.

Kereta lokal yang dikelola PT KCI, bisa merupakan kereta api listrik seperti yang ada di Jabodetabek dan Yogyakarta-Solo. Atau kereta api diesel (KRD) seperti yang digunakan oleh rangkaian Prambanan Ekspres (Prameks) di relasi (rute) Yogyakarta-Kutoarjo. Atau menggunakan gerbong K3 seperti pada rangkaian kereta api Dhoho-Penataran yang memutari Jawa Timur.

Kereta Api yang dioperasikan pihak luar

Ada juga kereta api dikelola pihak luar, atau pihak luar bekerja sama dengan PT KAI. Biasanya kereta ini merupakan transportasi umum perkotaan atau kereta wisata yang dikelola pemerintah daerah setempat.

Contoh transportasi umum kereta api di luar pengelolaan PT KAI dan PT KCI adalah, MRT Jakarta, LRT Jakarta, Kereta Api Cepat Bandung-Jakarta “Whoosh”, dan Kalayang Bandara Soekarno-Hatta Banten.

Sedangkan untuk kereta api yang dikelola pemerintah daerah contohnya adalah Sepur Kluthuk Jaladara yang dikelola Pemerintah Kota Surakarta yang melayani wisata menyusuri Jalan Raya Slamet Riyadi di Kota Solo. Kereta uap di Museum Kereta Api Ambarawa yang dioperasikan bersama antara KAI Wisata dan Pemprov Jawa Tengah. Contoh lainnya adalah Kereta Api Mak Itam yang dikelola Pemerintah Kota Sawahlunto di Sumatera Barat yang melayani wisata situs tambang batu bara Ombilin, dengan relasi Sawahlunto-Muarakalaban.

Terima kasih telah membaca artikel mengenai kereta api jarak jauh dan kereta api lokal di Indonesia yang dipost di Printilan.com. Semoga anda semua yang memilih perjalanan kereta api, dapat memiliki bahan pertimbangan agar anda dapat melakukan perjalanan dengan nyaman dan aman.

Printilan.com adalah situs web berisi informasi mengenai pengetahuan umum yang mungkin kamu belum tahu mengenai topik-topik seperti Pengetahuan Umum, Desa, Transportasi, Infrastruktur, Sejarah, dan Daerah. Kami juga menampilkan arsip berita-berita lama Indonesia, agar jadi jembatan wawasan bagi masa sekarang.